Tragedi Big Gossan Freeport 28 Karyawan Meninggal

Ribuan karyawan PT Freeport Indonesia, Sejak 14 Mei 2013 dengan mendirikan tenda dan menggunakan alat-alat berat memblokade jalan menuju arae tambang bawah tanah di Mile 72 Rid Camp. (foto : infokom)


PT. Freeport Indonesia menyampaikan bahwa hari ini adalah hari yang penuh duka cita yang akan ditandai dengan upacara peringatan yang akan dilaksanakan di kantor PT Freeport Indonesia di Jakarta dan Papua setelah Emergency Response Team berhasil mengevakuasi dan mengidentifikasi seluruh pekerja terakhir yang terkubur dalam reruntuhan pada pagi hari tadi. 

“Kami terus dalam keadaan berkabung bersama dengan keluarga bahkan saat kami telah selesai menutup satu bagian yang menyedihkan terkait dengan insiden Big Gossan ini,” kata Presiden Direktur PT FI Rozik B Soetjipto. “Masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk memberikan penanganan yang terbaik serta dukungan bagi yang cedera dan keluarga yang berduka.”

Terhadap 38 pekerja yang berada dalam ruang kelas di fasilitas pelatihan tambang bawah tanah Big Gossan saat runtuhnya sebagian terowongan pada pukul 07.30 wit tanggal 14 Mei 2013. Emergency Response Team telah berhasil untuk menyelamatkan 10 orang pekerja namun sangat disayangkan mereka tidak dapat menyelamatkan 28 orang pekerja yang tertimbun di reruntuhan di dalam ruang kelas. 

Sejak terjadinya inisiden tersebut, emergency responses team PT FI telah berusaha dengan sekuat tenaga untuk melakukan evakuasi terhadap korban yang masih tertimbun. Usaha penyelamatan mereka menjadi lebih sulit karena terbatasanyha ruang dalam terowongan dan resiko runtuhan atap lebih lanjut di lokasi.

Berikut daftar nama korban jiwa yang meninggal : 1.Aan Nugraha, 2. Amir Tika, 3.Aris Tikupasang, 4. Artinus Magal, 5.Daniel Teddy Eramuri, 6. David Gobai, 7. Febry Tandungan, 8. Ferry Edison Pangaribuan, 9. Frelthon Wantalangi, 10. Gito Sikku, 11. Hengky Ronald Hendambo, 12. Herman Susanto, 14. Jhoni Michael Ugadje, 15. Joni Tulak, 16. Lestari Siahaan, 17. Lewi Mofu, 18. Ma’mur, 19. Mateus Agus Marandof, 20. Muntadhim Ahmad, 21. Petrus Frengo Marangkerena, 22. Petrus Padak Duli, 23. Retno Bone, 24. Rooy Rogers Kailuhu, 25. Selpianus Edoway, 26. Suleman, 27. Victoria Sanger, 28. Wandi, 29. Yapinus Tabuni, 30. (infokom)


Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso bersama Bos PT Mc Moran Freeport Gorup R.Adkerson saat meninjau lokasi lognsor/ foto (PT FI)

Ribuan pekerja memblokade jalan di mile 72 menuju area tambang bawah tanah sebagai  bentuk solidaritas atas meusibah longgsor di big gossan/ foto : dok infoko

Kendaraan Emergency Team Response terus melakukan evakuasi korban longsor Big Gossan di area Pt Freeport Indonesia/ foto : dok infokom)

Selvianus Edoway salah satu korban longsor Big Gossan saat di semayamkan di Sport Hall Tembagapura/ foto : infoko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar